Sadda, mappabati Ada, Ada mappabati Gau, Gau mappabati Tau, Tau sipakatau Mappaddupa Nasaba Engkai Siri’ta nennia Pessee ta, Nassibawai Wawang ati mapaccing, lempu, getteng, warani, reso, amaccangeng, tenricau, maradeka nennia assimellereng Makkatenni Masse ri Panngaderengn na Mappasanre ri elo ullena Alla Taala. artinya: Bunyi mewujudkan kata,...Kata mewujudkan Perbuatan,Perbuatan Mewujudkan Manusia,Manusia Memanusiakan Manusia, Membuktikan di Dunia Realiti kerana Kita Memiliki perasaan malu dan teladan ( pengaruh) disertai dengan Kesucian hati, kejujuran, keteguhan, keberanian, kegigihan dan ketekunan, kecerdasan minda,daya saing yang tinggi, kemerdekaan, Berpegang teguh pada adat dan tradisi serta bertawakal kepada Kekuasaan Allah Yang Maha Kuasa.

Kata Bijak Pak Mario

Sabtu, 26 November 2011

Andi Pabbenteng Petta Lawa Sultan Idris

Andi Pabbenteng Petta Lawa Sultan Idris, tercatat dalam Forum Diskusi ini dengan Topik "RAJA-RAJA BONE" berada pada urutan terakhir, Raja ke-33 (1946-1951).

Tentunya beliau seorang yang pernah berpengaruh bagi masyarakat Bone dan sekitarnya pada waktu itu. Tetapi nama beliau tidak tercatat dalam daftar "RAJA-RAJA BONE" pada situs-situs dan literatur lainnya, serta minimnya catatan sejarah biografi dan kepemimpinan pada masa pemerintahan beliau.

Pada awal Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 1945, Belanda kembali melakukan agresi kekuasaan di beberapa wilayah Indonesia. Untuk melemahkan Proklamasi 1945, pihak Belanda menciptakan negara-negara Boneka. Dengan dukungannya, menghidupkan kembali kekuasaan wilayah-wilayah Kerajaan.

Pada tanggal 24 Desember 1946 di wilayah Indonesia bagian timur berdiri sebuah pemerintahan yang bernama " Negara Indonesia Timur". Untuk Pemerintahan Sulawesi Selatan, wilayah kekuasaannya meliputi hampir separuh daerah Karesidenan yang ada di Sulawesi Selatan dan Tenggara, pada saat itu.

Lembaga Pemerintahannya dinamakan "HADAT TINGGI" terdiri dibawah Pimpinan ANDI PABBENTENG sebagai Ketua Hadat Tinggi dan ANDI IJO' sebagai Wakil (Ketua Muda).

Tahun 1950, akhirnya pihak Belanda menyerah pada kedaulatan Pemerintahan RI, yang membuat bubarnya pemerintahan di wilayah-wilayah "Negara Indonesia Timur".

Pada tanggal 26 April 1950, ANDI IJO' (Ketua Muda) atas nama Pemerintah Daerah Sulawesi selatan menyatakan bergabung pada Pemerintahan RI dan melepaskan diri dari "Negara Indonesia Timur" yang masih diawah pimpinan ANDI PABBENTENG.

Pada tahun 1952, Pemerintahan Hadat Tinggi Daerah Sulawesi Selatan resmi dibubarkan oleh Pemerintah RI, dan berubah menjadi Pemerintah Daerah "Kabupaten" hingga sekarang.

Pasca pemerintahannya, ANDI PABENTENG hijrah ke Surabaya bersama istri, Petta Cabeng dan 3 putra-putri beliau; Andi Junus, Andi Khaimudin, dan Andi Chandra.
Beberapa tahun kemudian beliau beserta keluarga kembali ke Watampone dan menghabiskan hari tuanya disana. Hanya seorang putranya, ANDI JUNUS IDRIS yang tetap hidup dan berkeluarga di Jawa dengan 4 Putra-putrinya, di kota Surabaya.

Rumah tinggal beliau di Watampone masih berupa rumah adat Bone, rumah panggung yang terbuat dari kayu sampai sekarang. Rumah tinggal Raja Bone itu masih tetap terjaga dan terawat oleh putra beliau ANDI KHAIMUDDIN beserta keluarga, bisa dijumpai di Jl. Makmur, disekitar Kantor Kabupaten. Sebuah rumah sederhana yang menjadi bagian dari situs dan saksi sejarah Raja Bone terakhir. Rumah yang pernah beliau tinggal ketika di Surabaya, ada di Jl. Teluk Bone - Perak dan di Jl. Bubutan - Maspati IV, Tetapi sudah berubah bentuk (Renovasi).

Tahun 1967 beliau wafat dan di makamkan di Pemakaman Keluarga di Watampone (Bone), tanah kelahiran tercinta.

Sejarah tidak mencatat secara lengkap karir dan kehidupan ANDI PABBENTENG, PETTA LAWA, SULTAN IDRIS.

Adakah saudara-saudara yang mengetahui selengkapnya tentang Beliau? Silsilah keluarga dan asal-usul beliau, Karakteristik kepemimpinan, Biografi hidup, dokumentasi arsip & foto, dan lain-lainnya.

Penggalan-penggalan cerita dari saudara dapat dirangkai kemudian menjadi dokumentasi yang lengkap. Penelusuran Sejarah sangatlah penting dan berguna sebagai referensi bagi generasi mendatang, sebelum sejarah itu lenyap karena tak terungkap.

Khususnya Sejarah Tana-Bone, akan tetap dikenang dan terus menjadi kebanggaan anak-cucu hingga akhir Zaman... Insya' Allah.

6 komentar:

  1. Andi khaimuddin? Itu anaknya? Anak dari istri keberapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari istri Andi Tekka Petta, mempunyai 2 putra dan 1 putri, Andi Yunus Idris (di Surabaya), Andi Khaimuddin (di Watampone), Andi Chendra (di Jakarta).... Andi Khaimuddin yg masih ada, yg masih merawat rumah sejarah Andi Pabbenteng, di Jl. Makmur Watampone

      Hapus
  2. Emang anaknya cuman 3orang aja???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... 3 orang anak dari istri ANDI TEKKA PETTA CABBENG Masih ada anak beliau yang lain2nya dari Istri ANDI DALA ULENG dan istri ANDI PETTA BUNGA.

      Hapus
    2. Anak dari Andi Petta Cabeng ada 3 orang. Masih ada anak-anak Andi Pabbenteng yang lainnya dari Andi Dala Uleng dan dari Andi Petta Bunga yang keduanya juga istri dari Andi Pabbenteng.

      Hapus

Rezky Restu Sakti

Rezky Restu Sakti
Anakku Buana Atikku, Abbonga bongaki ri pangkaukeng madecengnge, aja'na rilaleng makkijae. Attongeng tongekki ridecengnge aja'na ripangkaukeng masalae Engkaki mancaji tau masagena mabbere makkuatopa mattarima, aja' taperrisiwi asagenangetta. Malappa atuongetta, mapaccing atitta Riyissengngi ri esso wennie, riyisseng toi riyasengnge sifa'' adele'e. Tau iyye missengngi pura mannessani Naisseng Tepu madecengngi sininna sewwa''e iyye purae irencana, makkotopa eganna tepu madeceng sewwa'' iyya de'e lairencana. Sininnaro pura natoro madeceng Puang sewwae Sewwa'' iyye purae irencana de'e nasilennereng, makkotopa sewwa'' de'e narirencana silennereng, sabbarakengngi. Jancinna puangnge tania belle'' Iyya tau madecengnge, manyamengngi, amangngi, nenniya salamai ajokkangenna Sewwa'' elo'e ipaddibola riyanu teppeddingngenatarima akkaleng, papole madecengngi nasibawai tongeng''. Sewwa'' de'e nairita pura mannessa engkai poleakki agi'' purae napparentang puang Allah ta'ala riyalena Amalakki amala biasa'' bawang, ko engkaki masagena napaulle Appuasaki iyyana parellue Paccoba, paccallang, sibawa pammase: iyamanennaro pura nataro madeceng puangnge, sarekkuammengngi engka perubahan atuongeng lino. Engka maneng paggangkanna, namoni riyaseng sipuppureng lino Tafegau'i sewwa'' weddingnge rifigau', tafaddiyolo matoi malemma'e ripahang. Iyya makessingnge riyalemu, iyyanaritu sewwa'' weddingnge mujama Aja' to talliwe' liwe' riatuongetta, adelekki riyaleta, ritau laingnge, riperasaatta nenniya pikiratta, adele tokki ripangkauketta. Aja' tasolangi aleta, aja'to tasolangi tau laingnge. Engkaki rilaleng amaikengnge

Lencana photo Facebook

THANKS TELAH MAU COMMENT DI BLOG SAYA