Sadda, mappabati Ada, Ada mappabati Gau, Gau mappabati Tau, Tau sipakatau Mappaddupa Nasaba Engkai Siri’ta nennia Pessee ta, Nassibawai Wawang ati mapaccing, lempu, getteng, warani, reso, amaccangeng, tenricau, maradeka nennia assimellereng Makkatenni Masse ri Panngaderengn na Mappasanre ri elo ullena Alla Taala. artinya: Bunyi mewujudkan kata,...Kata mewujudkan Perbuatan,Perbuatan Mewujudkan Manusia,Manusia Memanusiakan Manusia, Membuktikan di Dunia Realiti kerana Kita Memiliki perasaan malu dan teladan ( pengaruh) disertai dengan Kesucian hati, kejujuran, keteguhan, keberanian, kegigihan dan ketekunan, kecerdasan minda,daya saing yang tinggi, kemerdekaan, Berpegang teguh pada adat dan tradisi serta bertawakal kepada Kekuasaan Allah Yang Maha Kuasa.

Kata Bijak Pak Mario

Jumat, 19 Agustus 2011

Merenungan makna Ramadhan

Setengah perjalanan di ramadhan tahun ini telah kita lewati, namuan apakah kita telah benar-benar dapat memberi makna di bulan suci ini?
dan apakah kita dapat melakukan introspeksi diri untuk meningkatkan kualitas hubungan kita kepada Allah sang maha memiliki, hubungan dengan sesama dan hubungan dengan diri kita sendiri? bila kembali mengingat ramadhan masa kecil dulu, ramadhan begitu ditunggu, mulai dari motivasi untuk mendapatkan baju baru dikala lebaran tiba, berkompetisi dengan teman sekolah untuk dapat full melakukan ibadah puasa, dapat berkumpul bersama teman walau hanya untuk menunggu datangnya waktu berbuka, bahkan dapat mendengar cerita tentang kehabatan ramadhan yang diceritakan oleh guru agama dan guru madrasah. indah sekali jika mengingat kembali memory ramadhan masa kecil dulu, tidak peduli panas dan haus yang datang tak kenal waktu, tapi semuanya dijalankan dengan penuh semangat, walau sesekali masih mengeluh karena haus dan lapar : sesama teman pun tidak lupa sering berbincang mengenai pandangan tentang ramadhan, dari mulai ramadhan ini para penggoda setia umat manusia di ikat selama ramadhan sehingga kita berpikir tidak perlu takut terhadap makhluk yang telah berjanji akan selalu menggoda umat Adam/manusia, karena di ramadhan ini mereka di ikat dan tidak dapat menggoda bahkan dalam pengertian sederhana masa kecil dulu, tidak perlu takut untuk ditakuti karena mereka telah di ikat oleh Allah selama bulan ramadhan ini. jika kembali ditelaah tentang moment masa kecil dulu tentang ramadhan, banyak hal positif yang dapat kita ambil pelajaran, dari mulai motivasi tinggi menjalankan ibadah puasa, keceriaan menyambut ramadhan, kebersamaan bersama keluarga dan teman, tempat menimba pahala dan kepecayaan bahwa Allah maha segalanya. namun, lambat laun ramadhan yang telah berlalu bahkan ramadhan tahun ini terasa hambar, ramadhan tidak ubahnya bulan-bulan lainnya pembedanya hanya di ramadhan kita tidak makan dan tidak minum hingga waktu berbuka tiba. seharusnya di usia yang semakin bertambah, pemaknaa terhadap ramadhan harus lebih matang, ramadhan yang bukan hanya diartikan menahan makan dan minum hingga waktu berbuka, tetapi juga pemaknaan kembali makna makhluk penggoda umat manusia yang diikat oleh Allah disaat kecil dulu yaitu bahwa kita juga harus menahan hawa nafsu, jadi kita sendiri juga harus mengikat hawa nafsu kita agar mendapat keberkahan di bulan ramadhan ini semoga disisa waktu ramadhan tahun ini dan semoga kita berkesampatan dapat bertemu dengan Ramahdan tahun selanjutnya, kita semua umat Islam, khususnya kepada diri saya sendiri, dapat meningkatkan kualitas keimanan kita, dapat meningkatkan kualitas diri kita, serta memaknai kembali ramadhan yang tidak sesempit bahwa kita tidak makan dan minum sampai waktu berbuaka, tetapi juga dapat mengontrol diri kita dari hawa nafsu yang berlebih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rezky Restu Sakti

Rezky Restu Sakti
Anakku Buana Atikku, Abbonga bongaki ri pangkaukeng madecengnge, aja'na rilaleng makkijae. Attongeng tongekki ridecengnge aja'na ripangkaukeng masalae Engkaki mancaji tau masagena mabbere makkuatopa mattarima, aja' taperrisiwi asagenangetta. Malappa atuongetta, mapaccing atitta Riyissengngi ri esso wennie, riyisseng toi riyasengnge sifa'' adele'e. Tau iyye missengngi pura mannessani Naisseng Tepu madecengngi sininna sewwa''e iyye purae irencana, makkotopa eganna tepu madeceng sewwa'' iyya de'e lairencana. Sininnaro pura natoro madeceng Puang sewwae Sewwa'' iyye purae irencana de'e nasilennereng, makkotopa sewwa'' de'e narirencana silennereng, sabbarakengngi. Jancinna puangnge tania belle'' Iyya tau madecengnge, manyamengngi, amangngi, nenniya salamai ajokkangenna Sewwa'' elo'e ipaddibola riyanu teppeddingngenatarima akkaleng, papole madecengngi nasibawai tongeng''. Sewwa'' de'e nairita pura mannessa engkai poleakki agi'' purae napparentang puang Allah ta'ala riyalena Amalakki amala biasa'' bawang, ko engkaki masagena napaulle Appuasaki iyyana parellue Paccoba, paccallang, sibawa pammase: iyamanennaro pura nataro madeceng puangnge, sarekkuammengngi engka perubahan atuongeng lino. Engka maneng paggangkanna, namoni riyaseng sipuppureng lino Tafegau'i sewwa'' weddingnge rifigau', tafaddiyolo matoi malemma'e ripahang. Iyya makessingnge riyalemu, iyyanaritu sewwa'' weddingnge mujama Aja' to talliwe' liwe' riatuongetta, adelekki riyaleta, ritau laingnge, riperasaatta nenniya pikiratta, adele tokki ripangkauketta. Aja' tasolangi aleta, aja'to tasolangi tau laingnge. Engkaki rilaleng amaikengnge

Lencana photo Facebook

THANKS TELAH MAU COMMENT DI BLOG SAYA