Sadda, mappabati Ada, Ada mappabati Gau, Gau mappabati Tau, Tau sipakatau Mappaddupa Nasaba Engkai Siri’ta nennia Pessee ta, Nassibawai Wawang ati mapaccing, lempu, getteng, warani, reso, amaccangeng, tenricau, maradeka nennia assimellereng Makkatenni Masse ri Panngaderengn na Mappasanre ri elo ullena Alla Taala. artinya: Bunyi mewujudkan kata,...Kata mewujudkan Perbuatan,Perbuatan Mewujudkan Manusia,Manusia Memanusiakan Manusia, Membuktikan di Dunia Realiti kerana Kita Memiliki perasaan malu dan teladan ( pengaruh) disertai dengan Kesucian hati, kejujuran, keteguhan, keberanian, kegigihan dan ketekunan, kecerdasan minda,daya saing yang tinggi, kemerdekaan, Berpegang teguh pada adat dan tradisi serta bertawakal kepada Kekuasaan Allah Yang Maha Kuasa.

Kata Bijak Pak Mario

Jumat, 07 Desember 2012

Malam Itu.......

Aku hanya sesaat b'diam diri, memejamkan mata & merasakan suasana yg ada. Saat tubuhku t'diam, seolah angin datang m'hempas & berlalu. Entah apa yg di bawanya, entah apa yg ia tempelkan dikulitq. Belum m'jadikan beban yg harus q pikul atau mungkin takkan pernah jd beban karena kebiasaan dr anggapan yg ada, biasanya akan menganggap hal yg sbenarnya istimewa akan dianggap biasa.

Disadari atau tidak, suasana dari alam sadar pikiran tkadang lebih nyata dr yg aku lihat saat mata terbuka. Pikiranku menerobos dinding2 imajinasiku. Ada kalimat yg akhirnya tertempel dalam pikiranku, ada tanya yg aku bawa kedalam realitas hidup setelah memukul telak diriku. Aku telah m'jalankan kehidupan selama ini, lantas masih adakah yang menungguq saat q sudah bertemu tuju ??? Untuk apa aku hidup, jika tak ada yg menungguq ???? Untuk apa aku mengejar segala sesuatu yg di anggap perlu ??? Untuk memenuhi kebutuhanq atau untuk memenuhi keinginanq ??? Bukankah yg kita kejar & kita cari bukan semata hanya anggapan ??? Bukankah yg kita tuju adalah realitas yg kita anggap perlu sbagai salah satu bekal tuk bahagiakan diri kita ???

Satu alasan yg aku perlu, alasan yg bisa m'bangunkan keyakinan dalam diri ini. Ah..tapi satu alasan saja spertinya tak akan cukup tuk m'bangunkan satu keyakinan, aku pasti butuh alasan lain. Sebeb bagaimana pun juga, manusia sendiri di ciptakan bukan tanpa alasan. Banyak alasan yg tak akan pernah aku tau jika aku tak di beri tahu, kenapa q harus dilahirkan. Bukankah sebelumnya aku tak pernah meminta untuk dihidupkan. Masih ada hal lain yg akan menjamin & m'pertanggung-jawabkannya. Tinggal kita mencoba menjalankan & menyaksikan kejadian demi kejadian yg sudah disediakan dalam m'jalankan khidupan.

Kadang q sendiri b'pikir, mengabdikan diri kepada “hal” yang kita cintai atau m'jadikan diri sendiri m'jadi pelengkap, penyelamat dan pengobat akan “sesuatu hal disekitaran kita” : dengan retorika, hanya orang yg sudah diselamatkanlah yg akan mampu membimbing diri kita dalam m'hadapi yg terjadi. Walau keduanya sudah menjadi bagian dari satu kesatuan yg ada dalam diri kita atau disekitaran kita. Kedua hal tersebut tentunya bukan tak beralasan knapa harus aku tuliskan. Keduanya punya arti di masing2 sisi saat kita coba melihatnya. Jika ini sbatas sbuah p'tanggung jawaban akan p'jalanan dalam kehidupan, nggak ada salahnya juga kita mecoba belajar mempertanggung- jawabkannya. Baik pada diri kita, pada orang di sekitar kita, bahkan pada sang kuasa.

Memang sejatinya kita tak ada kemampuan sedikit pun di dalam mempertanggung jawabkan setiap yg terjadi. Akan tetapi bukan berarti kita harus b'diam diri tanpa usaha dan upaya sedikitpun, sebab masih ada sang penentu yg kita hadapi saat mencoba mempertanggung-jawabkannya. Mencoba belajar dari yg terjadi, mencoba menghargai dari yg terjadi, mencoba memaknai dari setiap kejadian yg kita hadapi sebagai satu kepemilikan bagi setiap diri. Orang lain tak akan pernah peduli dari setiap kejadian yg terjadi pada diri kita. Biarkan, karena mereka pun seperti kita selalu belajar memahami setiap kejadian2 yg harus di hadapi. Jangan pernah menghindar, itu akan membuang banyak energi di dalam diri. Harusnya kita sudah mulai menyadari bahwa dalam kenyataannya kita tak akan pernah bisa menghindari satu kejadian yg sudah di tentukan oleh kehidupan. Biarkan, toh kehidupan juga tunduk kepada perubahan. Begitu pula yg sedang kita hadapi, semua pasti akan terlewati kemudian akan terganti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rezky Restu Sakti

Rezky Restu Sakti
Anakku Buana Atikku, Abbonga bongaki ri pangkaukeng madecengnge, aja'na rilaleng makkijae. Attongeng tongekki ridecengnge aja'na ripangkaukeng masalae Engkaki mancaji tau masagena mabbere makkuatopa mattarima, aja' taperrisiwi asagenangetta. Malappa atuongetta, mapaccing atitta Riyissengngi ri esso wennie, riyisseng toi riyasengnge sifa'' adele'e. Tau iyye missengngi pura mannessani Naisseng Tepu madecengngi sininna sewwa''e iyye purae irencana, makkotopa eganna tepu madeceng sewwa'' iyya de'e lairencana. Sininnaro pura natoro madeceng Puang sewwae Sewwa'' iyye purae irencana de'e nasilennereng, makkotopa sewwa'' de'e narirencana silennereng, sabbarakengngi. Jancinna puangnge tania belle'' Iyya tau madecengnge, manyamengngi, amangngi, nenniya salamai ajokkangenna Sewwa'' elo'e ipaddibola riyanu teppeddingngenatarima akkaleng, papole madecengngi nasibawai tongeng''. Sewwa'' de'e nairita pura mannessa engkai poleakki agi'' purae napparentang puang Allah ta'ala riyalena Amalakki amala biasa'' bawang, ko engkaki masagena napaulle Appuasaki iyyana parellue Paccoba, paccallang, sibawa pammase: iyamanennaro pura nataro madeceng puangnge, sarekkuammengngi engka perubahan atuongeng lino. Engka maneng paggangkanna, namoni riyaseng sipuppureng lino Tafegau'i sewwa'' weddingnge rifigau', tafaddiyolo matoi malemma'e ripahang. Iyya makessingnge riyalemu, iyyanaritu sewwa'' weddingnge mujama Aja' to talliwe' liwe' riatuongetta, adelekki riyaleta, ritau laingnge, riperasaatta nenniya pikiratta, adele tokki ripangkauketta. Aja' tasolangi aleta, aja'to tasolangi tau laingnge. Engkaki rilaleng amaikengnge

Lencana photo Facebook

THANKS TELAH MAU COMMENT DI BLOG SAYA